criticasenserie

Kumpulan Komik Bergenre Horor

Kumpulan Komik Bergenre Horor – Memberikan rekomendasi genre horor itu termasuk susah-susah gampang. Dikarenakan rasa takut itu subjektif dan personal, sama dengan lucunya komedi. Kadang apa yang menurut kita seram, menurut orang lain biasa saja. Apalagi komik, dalam bentuk lukisan dan tulisan, komik nggak bisa bergantung sama adegan yang bikin jantungan sama backsound serem kayak di film. Jadi, komik harus bisa memvisualisasikan rasa takut pembaca dan bikin pembaca ngerasa bahwa itu nyata. Horor yang paling serem adalah yang berdasarkan dari kenyataan. Kayak tokoh Jack Torrance dari novel The Shining karya Stephen King yang sukses bikin serem karena novel itu lahir dari pengalaman pribadi penulisnya yang jadi korban kekerasan orang tua pas masih kecil.

Horor nggak sekedar personal tapi juga bisa jadi budaya. Misalnya manga horor Jepang yang bisa beda banget dari rekan-rekan Amerika mereka. Cerita-cerita yang sering cenderung tentang bentuk tubuh aneh, kadang agak erotis dan lebih berjenis ero-guro, yang bisa bikin mual. Atau komik-komik horor Indonesia yang banyak ngambil dari cerita-cerita folklore dengan menokohkan setan-setan lokal. Yuk, mari kita lihat beberapa komik yang akan bisa bikin kamu gagal tidur malem ini. pokerasia

1. Gloomy Sunday

Authornya adalah fankycon sesuai dengan nama akun instagramnya. Nama aslinya Fanky Landerson, orang Indonesia. Fankycon menyajikan cerita yang fresh dan kadang disisipi humor di bagian akhir. Cerita komiknya cenderung kebarat-baratan dengan tema konspirasi, pemujaan setan, thriller, gore dan pembunuhan, tapi ada juga yang adopsi dari folklore. Fankycon mungkin dapet banyak referensi dari film-film horor dan thriller luar negeri. Tapi yang jelas ceritanya aneh, kelam, dan horor.

Konsep komik ini adalah cerita omnibus/antologi. Jadi, di setiap episode dalam komik ini ceritanya beda-beda. Kadang satu cerita bisa bersambung sampai 4 episode. Karakter-karakter dalam komik ini digambarkan sedikit aneh terutama pas jadi hantunya, agak … disturbing. Tapi yang bikin menarik adalah gambarnya yang khas dengan pewarnaan yang agak sephia – suram-suram gimana gitu.

Yang bikin komik ini serem itu, gambarnya yang sadis dan plotnya yang bikin tegang. Komik ini lebih imbang antara horor sama dramanya dan nggak terlalu bikin mual. Bahkan, kadang ada pesan moral yang bisa diambil dari ceritanya.

2. Creep

Komik ini bisa lo temui di Webtoon dan diciptain oleh Ino Septian. Dari namanya aja udah jelas komik ini buatan orang Indonesia. Doi bisa dikepoin di Instagram @inoreloaded. Doi tulis di profile author webtoons sebagai “seorang komikus otodidak yang telah melewati perjalanan hidup yang aneh: kuliah di Fakultas Peternakan, pernah bekerja di perusahaan farmasi, lalu sekarang berakhir sebagai komikus dan ilustrator”.

Komik ini adalah komik mini seri yang kompleks – satu cerita kadang bisa berhubungan sama cerita di episode lainnya. Selain itu hal yang bisa bikin merinding, kadang doi menampilkan animasi bergerak untuk menambah efek thrill. Alur ceritanya pelan, tapi sukses bikin bulu kuduk berdiri.

Di Creep, walaupun nggak terlalu banyak adegan gore, tapi Ino tetep bisa bangun suasana yang horor bin tegang. Yah, genrenya lebih ke horor psikologis gitu, lah. Cerita yang diangkat kebanyakan dari kehidupan sehari-hari orang Indonesia (yang justru bikin tambah serem karena bisa terjadi di kita kapan aja), walaupun ada beberapa yang agak absurd kayak cerita ‘Tikus, Boneka, Gadis Kecil’.

3. Fuan no Tane

Komik asal Jepang karya Masaaki Nakayama ini kalo diterjemahin artinya “Seeds of Anxiety”. Komik ini berisi kumpulan cerita yang pendek banget, yang rata-rata cuma 3-4 halaman aja; paling panjang pun 6 halaman. Saking pendeknya, ada beberapa cerita yang agak susah buat ditangkep apa maksudnya. Tapi ada juga beberapa yang bener-bener serem, apalagi ditambah sensasi baca komik dalam warna hitam putih. Udah gitu gambar komiknya sangat detail dan lihai banget bikin acau emosi lo. Buat yang nggak terlalu suka gore tapi pengen tetep nge-thrill, tenang aja, komik ini nggak se-gory dan disturbing banget kayak manga-nya Junji Ito, kok. Yah, medium gitulah horornya.

4. Uzumaki

Uzumaki adalah komik terabsurd dan terhoror yang pernah ada. Berasal dari Jepang, hasil buah tangan the master of Japanese horror, Junji Ito. Dia telah menciptakan beberapa karya yang dipuji banyak orang karena penggambaran horor anehnya. Uzumaki, dalam bahasa Jepang, berarti “spiral” dan melalui tiga volume komik ini, kita bisa kenalan sama kota yang kena wabah aneh, terobsesi dengan spiral. Jadi ya… inti ceritanya adalah tentang satu kota kecil, yang semua penduduknya tergila-gila sama… pola spiral. Yup, spirals – lines going round and round – are deadly.

Tema spiral ini muncul di setiap bab dengan beragam bentuk (yang kebanyakan aneh dan ngeri). Dalam satu kasus, rambut seorang cewek sampai jadi bentuk spiral. Di lain tempat, cangkang spiral tumbuh di punggung seorang anak laki-laki dan secara bertahap dia berubah jadi siput. Ada lagi satu cewek yang di jidatnya ada bentuk spiral dan jadi terobsesi sama angin puting beliung. Absurd banget, kan?

Uzumaki diawali dengan kumpulan cerita pendek yang saling berkaitan, masing-masing cerita menjelajahi salah satu aspek keanehan kota itu yang berhubungan dengan spiral, tapi secara bertahap mulai membentuk jalan cerita yang utuh dan narasi yang mulai terhubung. Uzumaki ini ceritanya orisinil banget, surreal, absurd and truly horrific!. Siapkan kantong plastik kalau baca, hati-hati mual!

5. Bongcheon-Dong Ghost

Komik asal Korea Selatan ini adalah komik yang diangkat dari kisah nyata dan dinobatkan sebagai komik terhoror se-jagat perkomikan. Bahkan sampe di-review dan dibikin scary prank reaction video sama PewDiePie hahaha.

Ceritanya adalah tentang pengalaman nyata cewek sekolahan yang pernah ketemu hantu ini pas lagi pulang sekolah malem-malem. Hantu yang jadi tokoh utama di webtoon ini adalah seorang hantu mamah muda yang lagi cari bayinya. Perempuan yang gentayangan di desa Bongcheon, Seoul ini diketahui kehilangan hak asuh atas bayinya yang berumur dua tahun dan lalu bunuh diri. Kelihatannya sih biasa aja ya, tapi yang bikin komik ini jadi super serem sampai bisa bikin jatuh dari kursi adalah adanya animasi yang ngagetin di tengah-tengah komik. Selain itu juga karena lukisannya yang cukup bagus dan berwarna. Kejutan lain yang bikin jantungan adalah pas lagi scroll komik, ada script yang emang diprogram untuk scroll down secara otomatis.

6.Siksa Neraka

Kalau yang satu ini, menurut P! adalah yang paling horor di antara komik yang lainnya. Penulisnya tidak jelas,tapi temen-temen generasi ’90-an pasti inget sama komik ini. Komik yang beredar di awal 2000-an ini adalah komik horor paling hits pas jaman sekolah.